Pariwisata

menikah di pulau bali

4 Alasan Utama Untuk Menikah Di Pulau Bali

Siapa yang tidak tahu Pulau Bali? Pastinya hampir semua orang mengetahuinya, atau setidaknya pernah mendengar namanya.

Pulau Bali memang seringkali menjadi destinasi wisata lokal maupun internasional. Bahkan tak jarang, banyak pasangan yang ingin melangsungkan pernikahannya di pulau ini. Namun, apa yang sebenarnya yang menyebabkan pulau Bali sangat spesial untuk dijadikan tempat pernikahan?

Jika penasaran apa saja yang menarik dari Pulau Bali, yuk simak alasannya berikut ini:

  1. Pemandangan yang eksotis dan romantis

Pemandangan eksotis yang dimiliki oleh Pulau Bali, menjadi salah satu alasan kenapa banyak sekali pasangan kekasih datang ke Pulau Bali ini, baik untuk menikah maupun bulan madu.

Keindahan panorama alam berupa alam pantai hingga dunia wisata modern menjadikan Bali sebagai tempat yang sangat romantis bagi para pasangan kekasih.

  1. Wisata kelas dunia

Pulau Bali memang merupakan salah satu tujuan wisata berkelas dunia. Sehingga dengan pamornya tersebut, membuat para pasangan ingin mendapatkan kesan spesial tersebut, salah satunya dengan mengadakan pesta pernikahan di pulau tersebut. Karena kesan menikah di pulau Bali adalah sebuah kebanggaan adalah memang prestise tersendiri.

  1. Perpaduan budaya lokal, modern, dan keindahan alami

Perpaduan budaya yang terjadi di Pulau Bali yakni antara budaya lokal, modern, dan keindahan alamnya merupakan sebuah kombinasi yang tepat dan sempurna sehingga mampu menghadirkan sebuah tempat yang tidak hanya indah, namun juga sangat nyaman untuk acara liburan dan tempat pernikahan.

Acara seperti pernikahan pun akan sempurna karena hasil perpaduan nilai – nilai tersebut bisa tersaji secara apik di Pulau Bali ini.

  1. Fasilitas yang komplit

Fasilitas berupa sarana dan pra sarana yang dimiliki oleh Pulau Bali memang sangat komplit. Karena selain tempat wisata, pulau tersebut juga menyediakan sarana pendukung lainnya seperti hotel, tempat penginapan, sarana transportasi, kuliner, dan lain – lain memang sangat mendukung semua kegiatan wisata yang ada disini. Sehingga acara sakral seperti pernikahan pun dapat terakomodasi dengan baik karena keindahan alam yang ditawarkannya.

Baca Juga : Hal Penting Yang Kerap Diabaikan Saat Bersolek

Bagikan :

Koster-Ace Menggagas Pengembangan Wisata Bahari di Kota Denpasar

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali nomor urut 1 Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace) menggagas pengembangan wisata bahari di Kota Denpasar, Bali. Hal ini disampaikan Koster saat bertatap muka dengan kelompok nelayan Simbar Segara Pemogan, Denpasar.

“Kota Denpasar sangat potensial dikembangkan wisata bahari. Apalagi, Pulau Bali yang kecil bisa dijangkau hanya dalam hitungan jam. Kami akan mengembangkan wisata bahari keliling Bali,” kata Koster seperti dilansir Antara, Selasa (11/4/2018).

Nantinya, lanjut Koster, akan dipetakan terlebih dahulu titik-titik strategis untuk pengembangan wisata bahari. Titik-titik itu, kata dia, akan dihubungkan untuk menggairahkan potensi pengembangan pariwisata di Kota Denpasar.

“Nanti dicek dimana ada terumbu karang, ikan hias dan lainnya. Nanti dibuatkan rutenya, roadmap-nya keliling Bali. Saya kira tidak lama itu keliling Bali. Bali ini kecil,” ucapnya didampingi Cok Ace itu.

Oleh karena itu, Koster mengaku tengah mengupayakan penataan kawasan pesisir yang melibatkan para ahli di bidang perikanan, kelautan dan arsitektur, utamanya dari Universitas Udayana.

“Tujuannya, agar kawasan pesisir dapat tertata dengan baik dan terintegrasi mulai dari hulu dan hilir. Desain penataan kawasan pesisir segera dibuatkan. Jadi dari hulu sampai hilir kita kembangkan dan tuntas dari dan oleh kita sendiri,” tutur Koster.

Baca Juga : 3 Wisata Kuliner Lampung Yang Wajib Dikunjungi 

Bagikan :

5 Kota Paling Sepi di Dunia

Tawergha, Libya
Pertumbuhan penduduk dunia makin signifikan saja setiap tahunnya. Salah satu problem pelik yang muncul dari jumlah penduduk yang membludak ini adalah ketersediaan tempat tinggal.

Keadaan ini sangat berbeda dengan beberapa kota di dunia seperti Oradour-sur-Glane di Perancis dan masih banyak lain. Percaya atau tidak hampir tak ada seorang pun yang tinggal di sana. Padahal bangunan-bangunannya berdiri megah serta punya fasilitas yang lengkap. Namun tentunya ada alasan tersendiri kenapa penduduk aslinya sampai harus pergi di kota kesayangannya itu.

Mungkin akan jadi pengalaman unik tersendiri mengunjungi kota-kota sepi penduduk ini. Bahkan di sana juga terdapat berbagai keunikan yang mungkin akan membuatmu betah menetap. Berikut ulasannya:

  • Oradour-sur-Glane

Oradour-Sur-Glane

Meskipun sepi, mungkin kamu takkan betah tinggal di sana. Bagaimana tidak, setiap malam kamu akan dihantui dengan suara-suara terbakar dan teriakan-teriakan mencekam. Tentu ada alasan kenapa bisa sampai seperti ini. Oradour-sur-Glane merupakan kota bekas jajahan Nazi yang jadi bukti kekejaman pasukan Hitler tersebut. Hal tersebut terjadi ketika Perang Dunia II masih bergolak hebat.

Menurut cerita, anak-anak dan wanita di kota ini diungsikan ke dalam sebuah gereja. Sedangkan para prianya dikumpulkan untuk kemudian dieksekusi. Pasukan Nazi pun katanya juga merampas harta para penduduk dan kemudian membakar gereja tempat wanita dan anak-anak berkumpul tadi.

Sekitar 247 wanita dan 205 anak-anak mati terpanggang. Ada pula yang berhasil meloloskan diri namun mati karena ditembak pasukan kejam ini. Sebenarnya ada wacana untuk membangun lagi kota ini, namun pemerintah menolaknya dengan maksud agar tempat ini jadi saksi atas kekejaman Nazi.

  • Agdam, Azerbaijan

Agdam, Azerbaijan

Agdam dulunya merupakan tempat tinggal bagi sekitar 40 ribu orang. Namun pada bulan Juli tahun 1993, pasukan Armenia melakukan invasi dan memaksa semua orang di kota ini untuk pindah. Agdam pun akhirnya beralih fungsi menjadi kamp-kamp militer tempat pasukan Armenia menetap sementara.

Setelah keadaan mulai mereda, pemerintah Armenia pun menarik pasukannya kembali. Pasukan ini pun tak lupa menghancurkan kota dengan tujuan menghindari penggunaan Agdam sebagai basis militer. Alhasil, kota pun hancur berantakan dan menjadi tak bisa lagi dihuni. Namun, uniknya sebuah masjid tetap kokoh berdiri hingga sekarang.

Meskipun sepi penduduk bukan berarti Agdam benar-benar tak dihuni. Kota ini sekarang jadi tempat tinggal bagi hewan-hewan ternak yang dulunya ditinggalkan warga. Mereka sukses bertahan dan selamat dari perusakan brutal yang dilakukan pasukan Armenia.

  • Tawergha, Libya

Tawergha, Libya

Terletak 38 kilometer dari kota Misrata, Tawergha dulunya merupakan salah satu kota indah di Libya. Tempat ini sangat nyaman terlebih dengan kondisi geografisnya yang lumayan dekat dengan lautan. Tawergha juga jadi kota penghasil kurma dan palem berkualitas tinggi. Konstuksi kotanya sendiri sangat rapi dengan bangunan berjajar apik. Namun keindahan kota ini akhirnya berakhir dongeng setelah beberapa tahun lalu Tawergha ikut menanggung dampak dari konflik Ghadaffi.

Saat konflik pecah, pasukan anti Ghaddafi menempati kota ini dan mengultimatum sekitar 24 ribuan penduduknya untuk pergi atau dihadapkan dengan pembantaian. Alhasil, semua penduduk kota ini pun mengungsi dan menyisakan bangunan-bangunan sepi. Hingga saat ini belum ada satu pun penduduk yang kembali menempati rumah mereka dulu. Bagaimana tidak, kota ini ternyata sudah dipasangi ranjau yang tersebar di penjuru kota.

  • Varosha, Cyprus

Varosha, Cyprus

Kembali ketahun 70an, Varosha adalah salah satu tempat wisata kelas dunia dan bahkan sering dijadikan destinasi para selebriti mancanegara. Tempat ini memiliki segala kemewahan, mulai tempat shopping, hotel berbintang, night club sampai showroom mobil-mobil keren. Satu hal lagi yang paling menarik dari kota ini adalah pantai indahnya yang bisa ditempuh dalam waktu tak sampai 5 menit.

Namun semua keindahan ini berubah ketika Turki menginvasi Cyprus, termasuk menjadikan Varosha sebagai daerah jajahan. Ketika itu pasukan Turki pun memerintahkan kepada semua penghuni kota ini untuk pergi dalam beberapa jam dan kemudian mulai membangun pagar-pagar pembatas. Penduduknya dilarang kembali bahkan untuk sekedar mengambil harta bendanya. Sekarang kota indah ini pun jadi daerah yang sangat sepi.

Beberapa orang kabarnya pernah menyusup ke dalam kota ini dan menemukan banyak sekali hal-hal unik. Mulai dari pakaian-pakaian baru tahun 1970an hingga deretan mobil-mobil tua tapi masih baru. Bahkan di beberapa apartemen ditemui pula makanan-makanan yang tersaji di meja.

  • Consonno, Italia

Consonno, Italia

Mario Bagno, mungkin kamu belum pernah mendengar nama ini sebelumnya. Ia merupakan seorang miliuner Italia yang dikabarkan pernah membeli sebuah desa hanya untuk menyulapnya menjadi taman bermain. Kejadian ini terjadi pada tahun 1962 dan menghabiskan $ 16,600. Ketika itu ia membeli sebuah desa bernama Consonno yang letaknya hanya satu jam dari Milan.

Rencana pembangunan taman bermain di desa berpenduduk 200 orang ini awalnya berjalan mulus. Namun pada tahun 1972 prosesnya terhenti gara-gara satu-satunya jalan menuju desa ini terputus karena tanah longsor. Bagno pun akhirnya menghentikan pembangunan taman bermainnya ketika itu, di samping uangnya ternyata sudah terlanjur habis duluan. Consonno pun akhirnya jadi kota mati yang tidak ada penghuninya sama sekali.

Desa ini pernah dibuka lagi pada tahun 80an sebagai rumah sakit. Namun hal ini tak berlangsung lama gara-gara bangunannya banyak yang sudah tua dan rapuh. Desa yang sebenarnya indah ini pun kembali ditutup dan belum pernah dibuka lagi hingga saat ini.

Baca Juga : Ulat Sagu Binatang Khas Papua Yang Kaya Protein

Bagikan :

VR 360 : Pesona Mutiara Carita

Sungguh sayang kalau libur panjang ini tidak dimanfaatkan untuk bersenang-senang. Bercengkerama dengan keluarga di Pantai Carita tentu akan sangat menyenangkan.

Pantai yang lokasinya sekitar 160 kilometer dari Jakarta ini menyajikan pemandangan alam dan pengalaman berpantai yang mengasyikkan.

Pantai Carita sangat asyik untuk dikunjungi. Bagi warga Jabodetabek, jika mengunjungi pantai ke Bali tentunya sangat jauh dan mahal, mengunjungi Pantai Carita sudah pasti lebih dekat dan murah.

Pilihan bermain di pantai tidak hanya di Pantai Carita. Ada juga Pantai Anyer, yang letaknya tidak terlalu jauh dari Cilegon. Namun, Pantai Carita lebih bersih. Suasananya juga lebih pedesaan sehingga agak sulit menemukan restoran di sana.

Oleh karena itu, bagi yang ingin menginap di Pantai Carita, sebaiknya membawa bekal. Kalau ingin masak pun tidak perlu khawatir karena biasanya di beberapa hotel, bungalo, dan vila juga sudah tersedia kompor dan gas.

Akan tetapi, untuk fasilitas ini, termasuk air mineral galon, penanak nasi, serta peralatan masak dan perlengkapan makan, sebaiknya dipastikan dulu ketika memesan penginapan.

Di sepanjang pantai itu terdapat vila, pondokan, dan hotel yang bisa disewa.

Terletak di pinggiran pantai Carita, Mutiara Carita Cottages merupakan Hotel yang ideal untuk Anda yang ingin meninggalkan kesibukan rutinitas sehari-hari. Hotel ini akan memberikan kenyamanan dengan keramahan para pelayan.

Carita Cottages menjamin masa menginap yang menyenangkan bagi para tamu dengan layanan dan berbagai macam fasilitas modern yang tersedia. Semua kamar di Mutiara Carita Cottages didekorasi dengan menarik.

Kamar di Hotel ini juga dilengkapi dengan AC, peralatan mandi, dan dapur. Selain itu terdapat fasilitas kolam renang, lapangan futsal, arena bermain anak, waterpark, billiard dan lapangan voli.

Kawasan atau resort yaitu Cottage Mutiara Carita tempat yang nyaman dan juga sangat ideal untuk beristirahat dengan beberapa bangunan cottages baik itu garden view atau beach view, semua bangunan ini bergaya tradisional dan semua material bagunan ini berbahan kayu dengan dekorasi alami inilah menjadikan kawasan ini selalu di kunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk bermalam.

Nuansa alami di Cottages Mutiara Carita menyajikan suasana malam dengan kenyamanan yang tidak akan Anda dapatkan bila Anda berkunjung ke wisata lainnya, sehingga membuat Anda melupakan sejenak segala permasalahan dan hiruk-pikuk aktivitas Anda sehari-hari.

Tepat di depan kolam renang, tersedia juga fasilitas Water Spot yang bisa Anda nikmati, seperti: bermain Jet Ski, Banana Boat dan Speed Boat sebagai pelengkap aktivitas liburan Anda selama di Cottages Mutiara Carita.

Untuk Akomodasi, Mutiara Carita menyediakan 4 Type pilihan Cottages sesuai kebutuhan Anda dan keluarga.

Bagikan :

7 Tempat Wisata Religi di Surabaya

Kota Surabaya memiliki tempat wisata religi yang mengagumkan? Memang sih, Surabaya secara mayoritas beragama Islam. Namun, bukan berarti penganut agama lain tidak memiliki tempat megah di kota ini. Malah sebaliknya, Surabaya dikenal sebagai kota multietnis karena masyarakat Surabaya biasa hidup berdampingan dengan penuh toleransi. Oleh karena itu Surabaya menjadi rekomendasi wisata untuk berwisata religi. 7 Tempat Wisata Religi di Surabaya yakni :

1. Pagoda Tian Ti

Tempat wisata religi pertama adalah Pagoda Tian Ti yang terletak di kawasan Kenjeran Park atau Kenpark. Namanya Tian Ti memiliki arti “Langit-Bumi” atau dapat juga disebut Sky World. Destinasi ini merupakan duplikat pagoda serupa di Beijing, Tiongkok. Untuk bisa berfoto ala China, berkunjung saja ke Pagoda Tian Ti ini.

2. Pura Agung Jagat Karana

Destinasi kedua adalah Pura Agung Jagat Karana yang bernuansa seperti Bali. Untuk kamu yang berada di Surabaya dan kangen dengan nuansa Bali, wajib mampir ke Pura Agung Jagat Karana. Pura yang berlokasi di Jl. Ikan Lumba-Lumba No. 1 ini memiliki bangunan yang megah nan kokoh. Juga terdapat upacara rutin yang semakin membuat pengunjung merasa sedang di Bali.  Pura Agung Jagat Karana Surabaya ini tak hanya menjadi tempat peribadatan umat Hindu di Surabaya, tapi juga menjadi destinasi wisata yang dikunjungi pelancong. Wah, pantesan ramai dikunjungi, indah sekali!

3. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Destinsi berikut adalah Gereja Katolik Kelahiran Santa Maria. Bangunan gereja berasitektur kuno ini menjadi favorit para wisatawan. Gak hanya arsitekturnya aja yang bagus, tapi interiornya juga. Jika kamu berkesempatan mengunjungi Kota Pahlawan, jangan lupa untuk menyempatkan berkunjung ke bangunan ibadah ini.

4. Kawasan Ampel

Jika ingin merasakan suasana yang berbeda dengan suasana Surabaya pada umumnya, Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel ini merupakan destinasi yang sangat cocok. Pasalnya, kawasan ini kental akan Timur Tengah yang khas. Bahkan, berjajar pertokoan yang menjual barang-barang khas Timur Tengah seperti alat sholat, wangi-wangian, dan sebagainya.

Bila berkunjung ke tempat ini, wisatawan biasanya turut berziarah ke Makam Sunan Ampel yang berada dalam satu kawasan.

5. Klenteng Sanggar Agung

Kelenteng Sanggar Agung atau Klenteng Hong San Tang merupakan sebuah klenteng di Kota Surabaya yang berada di Jalan Sukolilo Nomor 100, di kawasan Pantai Ria Kenjeran. Kuil ini, selain menjadi tempat ibadah bagi pemeluk Tridharma, juga menjadi tempat tujuan wisata bagi para wisatawan.

6. Patung Budha Empat Wajah

Patung Budha Empat Wajah atau Four Faces Buddha adalah destinasi wisata religi yang terletak di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran, Surabaya. Pantai Kenjeran ini merupakan daerah pantai yang juga terkenal untuk produk perikanan dan tempat berlibur favorit di Surabaya. Berada di tempat ini rasanya seperti di Thailand. Karena memang patung ini merupakan replika dari Budha Catur Muka di Thailand.

7. Masjid Al-Akbar

Destinasi terakhir merupakan kebanggaan warga muslim di Surabaya, nih. Masjid Nasional Al Akbar atau biasa disebut Masjid Agung Surabaya merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal yang bertempat di Jakarta. Masjid ini memiliki kubah yang unik yaitu kubah menjulang berwarna hijau-biru.

Selain kubahnya yang unik, masjid yang berdiri megah di kawasan Pagesangan ini memiliki arsitektur yang keren abis. Interiornya pun sangat indah. Duh, bikin kangen Surabaya deh masjid ini. Apalagi saat bulan Puasa, di halaman masjid banyak sekali penjual takjil yang beraneka ragam.

Baik, itu dia ke tujuh tempat wisata religi yang indah di Surabaya, Kota Pahlawan. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat sakral dan megah di atas!

Bagikan :

Bukit Sekipan, Destinasi Kekinian di Tawangmangu, Jawa Tengah

bukit sekipan
Selama ini, destinasi kekinian dan hits yang palng banyak diketahui, terdapat di Malang, Jogja, ataupun Bandung. Meski jarang sekali ada destinasi hits di Jawa Tengah, tapi bukan berarti provinsi ini tidak memilikinya. Karena kini di Karanganyar, hadir sebuah wisata baru yang instagrammable, yakni Bukit Sekipan yang berada di Kalisoro, Tawangmangu.

Kawasan wisata yang dibuka sejak tahun 2015 ini kian menjadi tempat favorit para keluarga untuk menghabiskan waktu bersama di akhir pekan. Ada berbagai arena permainan yang cukup lengkap hingga penginapan tersedia di tempat wisata ini. Tak hanya itu, disini banyak spot foto atau wahana menarik nan kekinian yang bisa kamu coba.

Penasaran seperti apa viewnya? Yuk, intip pesona Bukit Sekipan Tawangmangu berikut ini!Berlokasi di bukit

  • berjarak 45 km dari kota Solo

Objek wisata yang berjarak 45 km dari pusat Kota Surakarta ini terletak di jalur Solo-Madiun. Lebih tepatnya berada di Desa Kalisoro yang tidak jauh dari Telaga Sarangan. Seperti destinasi lain di Karanganyar, Bukit Sekipan dikelilingi oleh pepohonan yang hijau. Karena itu, udara sejuk dan asri khas pegunungan di sini bisa membuatmu betah lama-lama. Tak perlu khawatir pulang kemalaman, banyak akomodasi murah di sekitarnya.

  • Suasana asri yang hemat di kantong

Dengan nominal Rp20.000, kamu bisa masuk dan menikmati suasana sejuk perbukitan. Apalagi lokasinya yang terletak pada ketinggian 1.100 mdpl. Namun, nominal tersebut belum termasuk tiket untuk wahana-wahana yang lain. Sehingga kamu harus merogoh kocek lagi untuk dapat merasakan keseruan wahananya.

  • Bekas tempat latihan militer yang menjadi spot foto kekinian

Dulunya, lokasi ini digunakan sebagai tempat berlatih militer. Kini, beragam wahana asyik memanjakan mata wisatawan. Apalagi terdapat beragam spot foto yang menarik untuk generasi ‘kekinian’.

  • Ada kampung halloween juga lho di Bukit Sekipan

Kalau spot foto biasanya dengan latar belakang yang menarik, nah di Bukit Sekipan kamu bisa foto dengan latar belakang horor di Kampung Halloween. Ada banyak ‘contoh’ hantu di sana yang bikin ngeri tapi bisa diajak foto bareng. Lumayan lah ya bisa foto sama hantu di Tawangmangu. Berani nggak nih?

  • Miniatur landmark dan destinasi wisata keluarga

Di Wisata Bukit Sekipan kamu juga dapat menemukan berbagai miniatur landmark negara-negara yang  di dunia, seperti misalnya Menara Pisa atau Petronas Twin Tower Malaysia. Tempat ini sering menjadi destinasi liburan keluarga, karena wahana yang ada cukup lengkap. Seperti beberapa patung karakter kartun yang cukup tenar, Spongebob dan Mr Crab yang kikir.

  • Tak cuma tempat foto, Bukit Sekipan juga menawarkan aktivitas outdoor

Bukit Sekipan juga menyediakan berbagai jenis aktivitas luar ruang seperti paintball, trekking, jogging, hiking, berkuda, dan juga camping. Kamu bisa mencoba salah satunya atau semuanya juga boleh. Salah satu yang terbaru adalah wahana bernama Welit super camp. Penginapan ini mirip Apache Camp di Malang yang konsepnya ala Indian.

Baca Juga : Selain Raja Ampat, Ini Dia 6 Surga Tersembunyi Di Papua

Bagikan :

Selain Raja Ampat, Ini Dia 6 Surga Tersembunyi di Papua

Lembah Baliem
Terletak di wilayah Indonesia bagian paling timur, Papua menyimpan potensi alam dan wisata yang luar biasa, salah satunya Raja Ampat. Namun tahukah Anda, selain Raja Ampat, Papua sebenarnya juga memilki surga tersembunyi lainnya yang patut Anda kunjungi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut destinasi menarik di Papua yang menawarkan keindahan serupa Raja Ampat, dengan keunikannya masing-masing:

  • Danau Sentani

Di Papua terdapat sebuah danau yang terkenal dan diketahui oleh warga Papua. Danau tersebut adalah Danau Sentani yang pesonanya sudah tercium hingga mancanegara. Di dalam area Danau Sentani ada 21 pulau yang bisa Anda kunjungi dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga sekitar.

Aktivitas memancing juga merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan di danau yang kaya dengan biota laut ini. Para wisatawan yang pergi ke tempat wisata di Papua ini juga menghabiskan waktu liburan mereka dengan berenang sambil menikmati pemandangan di sekitar danau. Pada pertengahan bulan Juni Anda bisa menyaksikan festival Danau Sentani yang merupakan tradisi warga.

  • Situs Purbakala Tapurarang

Papua Barat memiliki sebuah situs bersejarah yang berada di Kabupaten Fakfak, tepatnya di Distrik Kokas. Situs yang sedang kita bicarakan ini adalah bukti peninggalan masa prasejarah. Anda bisa menemukan lukisan dari telapak tangan manusia zaman prasejarah pada tebing bebatuan di daerah tersebut.

Meskipun sudah dibuat sejak ratusan tahun yang lalu, lukisan tersebut masih bisa terlihat dengan jelas sampai sekarang. Masyarakat sekitar tempat wisata Papua Barat ini memberi sebutan lukisan cap tangan merah pada lukisan tersebut karena warnanya yang seperti darah.

  • Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Bagi mereka yang mencintai lautan dan biota laut, tempat yang indah ini menjadi salah satu tempat wisata di Papua Barat yang wajib dikunjungi. Hal itu karena Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah taman nasional terluas di seluruh nusantara. Selain itu 89,8% dari taman nasional ini adalah lautan.

Berbagai jenis ikan bisa Anda jumpai, termasuk ikan yang tergolong langka dan susah untuk ditemukan. Binatang lain yang juga langka seperti penyu, duyung, paus, lumba-lumba hingga hiu juga terdapat di sana. Ada juga gua alam di dalam air dan berbagai tempat bersejarah lain di taman nasional tersebut.

  • Taman Wisata Alam Gunung Meja

Mari kita menuju kota Manokwari yang juga memiliki tempat wisata di Papua Barat bernama Taman Wisata Alam Gunung Meja. Anda bisa menemukan beragam jenis flora dan fauna serta suasana alam yang masih alami. Banyak hal yang dapat Anda lakukan di lokasi ini seperti hiking, trekking dan aktivitas lainnya.

Hutan tropis yang satu ini memang menjadi habitat yang ideal bagi banyak jenis tumbuhan dan juga hewan. Karena itu Anda bisa menemukan ratusan jenis pohon dan berbagai tanaman langka yang sulit ditemukan di tempat lain.

  • Lembah Baliem

Tempat wisata berikutnya adalah Lembah Baliem. Letaknya berada di sekitar pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian mencapai 1600 meter dari permukaan air laut. Karena itulah suhu yang Anda rasakan di tempat ini sangat sejuk. Setiap bulan Agustus masyarakat sekitar menggelar festival Lembah Baliem yang berkisah tentang peperangan antar suku di daerah tersebut.

Di tempat ini, Anda bisa berinteraksi dengan masyarakat sekitar yang masih menjaga tradisi yaitu suku dani dengan etnisitasnya. Selain berwisata, Anda juga bisa mempelajari budaya dari warga suku di sekitar tempat wisata di Papua ini.

  • Pulau Rumberpon

Tempat wisata di Papua yang juga penting untuk Anda ketahui adalah Pulau Rumberpon. Untuk bisa mencapai pulau ini, Anda mesti menyeberang dari Manokwari menggunakan kapal selama kurang lebih 5 jam perjalanan.

Saat tiba di sana, pantai dengan panjang hingga 6 km siap menyambut kedatangan Anda. Di sisi lain dari pulau Rumberpon juga terdapat hutan bakau yang sangat mempesona. Ada pula padang alang-alang yang memungkinkan Anda untuk berpapasan dengan burung rusa.

Nah, tertarik mendatangi surga-surga tersembunyi di atas?

Baca Juga : Indahnya Wisata Kawah Putih Tinggi Raja Sumatera Utara

Bagikan :

Indahnya Wisata Kawah Putih Tinggi Raja Sumatera Utara

kawah putih
Tempat wisata Sumatera Utara saat ini sudah mulai dikenal oleh berbagai kalangan traveler. Mulai dari wisata belanja hingga alam yang kecantikannya terpampang nyata, semuanya menarik untuk dikunjungi. Bahkan kamu bisa menemukan sebuah mata air panas yang dikelilingi oleh lingkungan alami super keren mirip dengan pemandian air panas di Turki bernama Pamukkale.

Sumber air panas yang mencapai suhu sekitar 90 derajat celcius Kawah Putih Tinggi Raja ini berasal dari bukit kecil yang ada di daerah tersebut, sehingga air panas itu bisa untuk merebus telur hingga matang. Aliran air panas mengalir diantara bebatuan kapur yang berundak-undak, peristiwa ini menjadikan batuan tersebut menjadi putih bersih seperti salju. Sebagian orang menyebutnya dengan salju panas.

Kawah Putih Tinggi Raja merupakan destinasi anti mainstream yang belum banyak diketahui traveler. Akses menuju ke lokasi juga masih didominasi dengan kondisi jalan rusak sehingga dibutuhkan usaha ekstra untuk mencapainya. Namun pemandangan indah danau akan menjadi penawar lelah yang mujarab.

Traveler butuh waktu sekitar 3-5 jam untuk sampai di lokasi dengan melewati jalanan berbatu. Belum lagi jika musim hujan tiba, perjalanan akan berkali-kali lipan lebih sulit. Rute yang bisa dilewati, dari medan Anda bisa lewat Dolok Merangir-Tebing Tinggi-Dolok Masihatul.

Kemudian lanjutkan perjalanan melalui Silau Dunia-Negeri Dolok-Silau Kahean-Nagari Dolok Morawa barulah sampai di Dolok Tinggi Raja. Anda yang suka petualangan, akan menikmati perjalanan ini.

Baca Juga : 5 Fashion 90-An Yang Kembali Menjadi Tren

Bagikan :

5 Wisata Penjara di Dunia

Devil's Island
Penjara selalu identik dengan tempat orang jahat. Hal itu tidak salah, karena penjara memang dibuat untuk menghukum orang-orang yang melakukan kesalahan. Meski begitu, ada juga penjara yang berubah jadi tempat wisata.
  • Alcatraz, Amerika Serikat

Awalnya, tempat ini digunakan sebagai benteng militer dan senjata pada tahun 1850-an. Lalu, pada tahun 1943 – 1963 tempat ini berunah menjadi penjara federal (penjara bagi narapidana yang berbahaya). Penjara Alcatraz tidak dapat ditembus, karena letaknya terpencil dan dikelilingi oleh perairan dingin.

Pada tahun 1962, ada narapidana yang melarikan diri, tapi nasibnya tidak diketahui hingga saat ini. Untuk mengunjungi tempat ini, kamu harus menggunakan Alcatraz Cruise yang beroperasi dari Pier 33 di San Fransisco. Wisata ini buka setiap hari, kecuali hari libur.

  • Tuol Sleng, Kamboja

Pada tahun 1975, Khmer Rouge yang berkuasa saat itu mengubah bekas sekolah tinggi ini menjadi penjara keamanan 21, sebuah pusat tahanan yang dilengkapi dengan fasilitas penyiksaan dan pembunuhan massal. Tiga puluh menit ke arah Selatan penjara, tubuh para pria, wanita dan anak-anak termutilasi dibuang di kuburan massal.

Namun penjara ini kemudian berubah jadi museum setelah runtuhnya rezim Khmer pada tahun 1979. Tuol Sleng menjadi museum khusus untuk mengenang korban genosida dan kengerian di zaman sebelumnya. Sekitar 1.7 juta orang menjadi korban pembantaian kala itu.

Tuol Sleng sendiri terletak di ibukota Phnom Penh dan dapat dicapai dengan menggunakan tuk-tuk atau taksi dari kota. Perjalanan hanya menghabiskan waktu sekitar 30 menit. Di sana para pengunjung bisa belajar banyak sejarah tentang Vietnam dan rezim Khmer Rounge.

  • Old Melbourne Gaol, Australia

Pada tahun 1842 – 1929, tempat ini berfungsi sebagai penjara bagi para penjahat Australia yang terkenal. Penjahat yang ditahan di tempat ini banyak yang dieksekusi gantung. Setelah dieksekusi, wajah dan kepala penjahat tersebut akan ditempeli plester. Plester tersebut akan diubah menjadi topeng dan dipamerkan.

Untungnya, Old Melbourne Gaol sudah berubah menjadi tempat wisata yang buka setiap hari, kecuali Hari Natal dan Jumat Agung. O ya, tempat ini dibuka pukul 09:30 dan tutup pada 17:00. Untuk masuk ke sini, anak-anak harus membayar tiket $10, sedangkan orang dewasa $19.

  • Robben Island, Afrika Selatan

Robben Island adalah penjara tua yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Dunia yang patut dilestarikan dan dijaga oleh negara. Dalam sejarahnya, penjara ini merupakan tempat bagi para penderita kusta, pangkalan militer dan penjara dengan keamanan maksimum bagi para tahanan politik selama zaman apartheid atau sistem negara sanksi Afrika Selatan segregasi rasial.

Salah tokoh politik Afrika Selatan yang pernah mendekap di penjara ini adalah Nelson Mandela. Dia ditahan selama 27 tahun. Setelah bebas, dia malah terpilih menjadi presiden kulit hitam pertama dalam pemilihan demokrasi perwakilan sepenuhnya pada tahun 1994.

Penjara ini bisa dikunjungi dengan menaiki kapal dari Cape Town menuju pulau Robben dan memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan.

  • Devil’s Island, Guyana Perancis

Penjara ini merupakan peninggalan dari Kaisar Prancis Napoleon III pada tahun 1850-an. Seperti namanya, penjara ini terletak di lepas pantai Atlantik di Guyana Prancis dan menjadi sel tahanan bagi puluhan ribu tahanan politik. Selama di penjara, para tahanan diwajibkan dengan kerja paksa mulai dari membersihkan hutan, membangun jalan dan blok untuk sel mereka sendiri.

Penjara yang dikelilingi oleh hamparan lautan lepas yang dipenuhi dengan hiu dan medan yang begitu berat, dijamin tidak akan membuat para tahanan berpikir untuk kabur. Namun setelah pemerintahan Napoleon, penjara ini berubah fungsi menjadi tempat wisata. Di sana, para pengunjung bisa menyaksikan setiap sudut penjara dan hasil kerja para tahanan penjara.

Baca Juga : Keindahan Wisata Belitung

Bagikan :

Keindahan Wisata Belitung

tanjungtinggi
Keindahan Wisata Belitung terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang memikat hati ribuan wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini setiap bulannya. Keindahan tempat wisata belitung semakin kesohor ketika pulau ini mejadi latar tempat dari film yang cukup fenomenal, laskar pelangi.

Maka tak heran apabila saat ini banyak orang menyebut pulau belitung sebagai negeri laskar pelangi untuk yang ingin wisata belitung. Karena belitung merupakan sebuah pulau, maka tempat wisata andalan yang ada di belitung adalah pantainya yang terkenal indah dan memiliki karakteristik yang dapat membedakannya dengan pantai-pantai lain yang ada di Indonesia.

Jika anda pernah menonton film laskar pelangi, tentu anda tahu salah satu keunikan yang ada di pantai belitung. Selain dikenal dengan pulau Negeri Laskar pelangi, Pulau Belitung ini akan memanjakan anda yang gemar dengan olahraga laut seperti diving, snorkling, berenang dan lain sebagainya.

Untuk menikmati keindahan obyek wisata belitung anda dapat menempuh dua pilihan transportasi menuju pulau ini. Pertama lewat jalur udara, jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari jakarta. Kedua lewat jalur darat, yang tentu jarak tempuhnya yang jauh lebih lama daripada jalur udara. Ketika anda sampai ke belitung, tentu anda ingin menikmati keindahan tempat wisata di belitung yang terkenal indah itu kan?

Berikut ini tempat wisata paling terkenal di Belitung :

  • Pantai Tanjung Tinggi

Anda tahu adegan di film laskar pelangi saat anak-anak sd muhammadiyah belajar dan bermain di pantai? Mereka bermain dan belajar di pantai ini, pantai tanjung tinggi. Keindahan pantai tanjung tinggi terletak pada pasirnya yang sangat putih serta airnya yang jernih. Selain itu, batu granit yang berjejer di pinggir pantai merupakan ciri khas dari pantai belitung, dan batu granit yang ada di pantai tanjung tinggi merupakan batu-batu yang paling besar diantara pantai lain.

  • Pantai Lengkuas

Banyak yang bependapat bahwa tempat terbaik, terindah, dan paling khas dari wisata belitung adalah pulai ini. Anda dapat mencapai pulau ini dengan menggunakan perahu nelayan dari pantai tanjung kelayang dengan perjalanan kurang lebih 30 menit. Begitu sampai di pulau lengkuas ini, anda akan disuguhi pemandangan yang tidak biasa, batu-batu granit seolah bertebaran begitu saja di tengah laut, menjadikan pulau ini menjadi sangat khas.

Di pulau ini juga terdapat mercusuar yang sangat tinggi dan masih berfungsi. Tingginya sekitar 12 lantai. Apabila memiliki cukup energi, anda wajib menaiki mercusuar ini untuk melihat pemandangan menakjubkan yang ada di sekitar. Hamparan pasir putih, laut biru, dipadu dengan batu granit yang bertebaran indah. Pemandangan 360 derajat dapat anda lihat melalui mercusuar ini ke sekeliling pulau.

  • Pantai Tanjung Kelayang

Pantai tanjung kelayang terletak di desa keciput, sijuk, Belitung. Pantai ini pernah menjadi tuan rumah sail belitong pada tahun 2011. Keindahan pantai ini sudah terkenal di seantero belitung, bahkan Indonesia. Ciri khas pantai ini sama seperti pantai-pantai belitung lainnya. Pasir putih, air jernih, serta batu-batu granit yang bertebaran di pinggir pantai hingga laut. Nama kelayang sendiri diambil dari nama burung, karena di pantai ini terdapat batu granit yang mirip dengan burung kelayang.

Itulah beberapa tempat wisata di Belitung yang paling terkenal keindahannya. Sebenarnya masih banyak obyek wisata lainnya yang tak kalah indah, seperti pantai tanjung pendam, pulau burung, pantai tanjung kiras, pantai marina, pantai teluk gembira, pantai tanjung pesona, pulau batu dinding, bukit perahu, tanjung binga, dan puluhan destinasi lainnya.

Baca Juga : 7 Film Terpopuler Sepanjang Masa

Bagikan :