Pariwisata

rancabali

Manjakan Mata Dengan Wisata Ke Perkebunan Teh

Saat ini, perkebunan teh bukan hanya sekedar sebuah perkebunan, tetapi juga berfungsi sebagai tempat wisata agro yang memiliki pemandangan indah dan pesona tersendiri. Nah, di Indonesia kebun teh yang terkenal akan pemadangannya yang indah rata-rata berlokasi di dataran tinggi Pulau Jawa.

Umumnya, objek wisata kebun teh selalu jadi buruan pelancong yang suka singgah ke dataran tinggi. Anda pun tak boleh melewatkannya, karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan di area perkebunan. Selengkapnya

Bagikan :

5 Danau Dengan Pemandangan Air Berwarna Biru

Danau Biru Cigaru
Pemandangan air berwarna biru biasanya identik dengan pantai. Namun adakalanya juga kita merasa bosan jika tiap liburan terus-terusan pergi ke pantai. Nah jika Anda ingin menikmati wisata air selain pantai, Indonesia memiliki banyak danau berwarna biru yang sangat indah dan menyegarkan untuk dipandang lho!

Danau-danau dengan warna yang biru menarik, menjadi pesona tersendiri untuk ditelurusi. Terlebih lagi, hampir semuanya masih alami sebab belum banyak tersentuh orang. Selengkapnya

Bagikan :

7 Tempat Wisata di Semarang yang Cocok Buat Budget Pas-Pasan!

lawang sewu
Semarang merupakan ibu kota provinsi jawa tengah yang terdiri dari kota dan kabupaten. Meskipun tidak seterkenal kota wisata lain, Semarang juga memiliki banyak tempat wisata menarik yang romantis, dan bahkan murah meriah lho!

Di sini, anda akan melihat bangunan-bangunan peninggalan masa-masa penjajahan Belanda yang masih berdiri kokoh, sehingga memiliki kesan historis yang kental. Kota yang dijuluki Little Netherland ini bisa membuat kita merasakan kesan romantis ala negara Eropa. Selengkapnya

Bagikan :

Kisah di Balik Danau Kaolin Yang Cantik

danau kaolin
Danau Kaolin berada di dekat Bandara HAS Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Provinsi Bangka Belitung, tepatnya di Desa Air Raya. Danau Kaolin memiliki pemandangan yang memang sangat cantik. Namun ada kisah di balik cantiknya Danau ini.

Danau Kaolin terbentuk dari bekas penambangan Kaolin yang memang menjadi salah satu aset berharga di Pulau Belitung. Kaolin merupakan sejenis tanah liat hasil pelapukan dari batu granit, dan biasanya digunakan untuk bahan dasar pembuatan plastik, kertas maupun karet.

Meski telah memberikan banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat lokal dan sangat kaya manfaat namun dampak negatif dari perkembangan ini adalah kerusakan alam Belitung. Lubang bekas galian tambang ini dibiarkan dan lambat laun terisi oleh air sehingga membuatnya menjadi sebuah danau, yang saat ini disebut Danau Kaolin.

Untuk mengunjungi Danau Kaolin, cukup menempuh waktu 10 menit dari Bandara HAS Hanandjoeddin. Memasuki kawasan ini kita akan disuguhi pemandangan landskap alam berwarna putih terang dan alat penambang yang berjejer.

Para pengunjung pun bisa masuk kawasan Danau Kaolin tanpa dipungut biaya. Di Danau Kaolin pengunjung bisa berfoto sepuasnya atau sekadar bersantai menikmati pemandangan danau dan gugusan bekas galian tambang di sekitarnya.

Pesona keindahan di sekitar Danau Kaolin ini memang sangat menakjubkan, dimana air yang tertampung memiliki warna biru tosca dan sangat jernih. Warna putih kaolin juga menjadi keindahan tersendiri yang elok dan menarik untuk dinikmati dan dijadikan latar untuk berfoto.

Saat berada di Danau Kaolin para pengunjung disarankan untuk selalu berhati-hati karena tanah bekas galian tambang yang rapuh dikhawatirkan mudah terjadi longsoran.

Baca Juga : Tanaman Mitos Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Bagikan :

Waikelo Sawah, Gua Cantik Di Sumba

Waikelo Sawah

Sumba, yang merupakan salah satu pulau besar di Provinsi Nusa Tenggara Timur, secara umum dikenal sebagai daerah yang kering dan gersang. Wajar saja, karena wilayah ini memang mengalami musim kemarau 3 kali lipat lebih lama dari musim penghujan. Meski begitu, objek wisata Sumba tetap punya spot sejuk yang tak pernah kering lho, bernama Waikelo Sawah.

Selengkapnya

Bagikan :

Batutumonga, Kampung Di Atas Awan Yang Indah

batutumonga
Berada di atas awan dengan menaiki pesawat terbang mungkin sudah pernah anda alami. Begitu juga dengan naik gunung, anda bahkan bisa berada di atas awan. Namun di Batutumonga, sensasi berada di atas awan akan terasa berbeda.

Batutumonga merupakan sebuah daerah yang berada di lereng gunung Sesean di Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Sekitar 328 kilometer dari Kota Makassar.

Batutumonga menjadi spesial karena berada di ketinggian namun bisa dijangkau oleh kendaraan roda dua bahkan roda empat. Sehingga effortless bagi pelancong. Namun kendaraan umum belum ada yang menjangkau area ini.

Kota ini bahkan sering mendapat predikat sebagai tempat terindah di kabupaten ini. Mau tahu seperti apa? Yuk intip pemandangannya:

  • Memiliki Panorama yang Memukau

Seperti objek wisata lain di Toraja, Batutumonga juga merupakan kota yang berada di ketinggian. Tempat ini berjarak sekitar 24 kilometer dari Rantepao. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan alam yang memukau selama perjalanan. Setibanya di lokasi, hamparan awan putih menjadi sajian utamanya. Selain itu, kamu juga bisa berkunjung Desa Baik dengan deretan rumah adat tongkonan di atas bukit.

  • Keindahan Sunrise dan Cahaya Lampu Kota

Pemandangan Kota Rantepo bisa tampak jelas dari tempat ini. Saat malam, cahaya lampu perkotaan terlihat eksotis dari sini. Selain itu, suguhan sunrise di pagi hari pun patut dinikmati. Kemunculan matahari dari balik hamparan awan akan menjadi panorama yang tak boleh dilewatkan. Cocok untuk menambah koleksi foto kamu di sosial media.

  • Pertunjukkan Budaya dan Objek Wisata Keren Ada di Sini

Ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi selama di Batutumonga. Di Lempo, kamu bisa bertemu dengan banyak ahli pemahat kuburan batu sambil melihat proses pembuatannya. Selain itu, ada juga makam di Lo’ko Mata. Penduduk setempat membuat tebing sebagai lubang untuk mayat. Di kawasan ini sering juga diadakan upacara pemakaman dalam skala besar.

  • Sajian Kopi dan Makanan di Ketinggian

Bukan rahasia lagi kalo Toraja terkenal dengan produksi kopinya. Menikmatinya di atas ketinggian tentu akan semakin spesial. Di Batutumonga terdapat banyak kedai yang terletak di pinggir bukit, seperti Tinimbayo Coffee Shop. Suguhan pemandangannya dijamin memukau. Jika ingin mengisi perut, ada juga Restoran Mentirotiku dengan sajian makanan tradisionalnya. Pokoknya lengkap!

Nah jika Anda berniat berlibur ke Batutumonga, sangat disarankan untuk menginap. Mengapa? Sebab Batutumonga adalah salah satu tempat melihat sunrise terbaik di dunia. Laiknya gunung Bromo. Anda wajib merasakan sendiri sensasinya.

Baca Juga : 8 Tips Agar Kulit Tetap Cantik Di Usia 30-An

Bagikan :

4 Lokasi Wisata Rafting Untuk Kamu Yang Berani

Sungai Palayangan
Hobi olahraga ekstrim? Olahraga rafting menjadi wisata outdoor favorit setelah naik gunung. Rafting adalah aktivitas menguji adrenalin yang cocok untuk melepas penat.

Mengarungi sungai, menantang jeram demi jeram, melewati tantangan batu-batu kali yang menghadang, menenteng dayung sebagai senjata, dan mengenakan perlengkapan lengkap.

Mereka pecinta rafting yang memiliki jiwa petualang tinggi selalu ingin mencoba berbagai macam sungai dengan karakteristik jeram dan medan yang berbeda pula. Semakin tinggi tingkat kesulitan medan sungai, tentu akan lebih menantang.

Berikut 4 Lokasi wisata rafting untuk kamu yang berani :

  • Sungai Citarik

Sungai Citarik

Salah satu lokasi rafting terfavorit ada di Sungai Citarik, di Taman Nasional Gunung Halimun, Kecamatan Cikidang, Sukabumi. Seiring meningkatnya popularitas rafting di Sungai Citarik, saat ini sudah banyak penyedia layanan rafting di sungai ini. Tinggal pilih jarak sesuai kemampuan kamu, nih. Untuk pemula harganya sebesar Rp 215 ribu* per orang untuk rafting sejauh lima kilometer. Sedangkan tingkat professional seharga Rp 375 ribu* untuk rafting sepanjang 12 km.

  • Sungai Cikandang

Sungai Cikandang

Bermain rafting atau arung jeram lebih seru jika dilakukan di sungai dengan arus yang deras. Sungai Cikandang memiliki kemiringan yang curam, sehingga jeram-jeram yang tercipta sangat menantang. Sungai dengang panjang 28 km ini mempunyai kualitas air yang baik. Air sungai Cikandang tergolong bersih. Kelebihan lainnya, debit air di sungai ini hampir tidak terpengaruh oleh musim. Sehingga kamu bisa mengarungi sungai ini kapan saja.
Bujet yang harus disiapkan untuk mengikuti rafting di Sungai Cikandang sekitar Rp 500 ribu* per orang.

  • Sungai Palayangan

Sungai Palayangan

Beda antara rafting di Sungai Palayangan dengan sungai lainnya adalah tipe sungainya. Rafting di Sungai Palayangan menggabungkan antara rafting dengan wisata air danau buatan Situ Cileunca.

Sungai yang tidak terpengaruh musim ini bisa diarungi sepanjang tahun dengan debit air yang relatif stabil. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menikmati rafting di Sungai Pengalengan. Rafting di Sungai Pengalengan memperoleh grade III dan IV. Grade III berarti tingkat jeram pada grade ini semakin meningkat dan sulit. Grade ini memiliki spesifikasi jeram yang tidak beraturan, lebar sungai menyempit dan jeram sesekali dapat membalikkan perahu namun resiko masih relatif kecil. Sedangkan grade IV berarti sungai ini relatif panjang dan memiliki medan jeram yang cukup sulit.
Terdapat beberapa pilihan paket rafting di Sungai Pengalengan. Harga mulai dari Rp 150 ribu* sampai Rp 875 ribu* per orang.

  • Sungai Citatih

Sungai Citatih

Lokasi rafting di Sungai Citatih ini tepatnya ada di Pelabuhan Ratu, Kecamatan Warung Kiara, Sukabumi. Paket rafting di Sungai Citatih harganya dimulai dari Rp 270 ribu* sampai Rp 400 ribu* per orang. Dengan harga segini, kamu bisa menjajal sampai 25 macam jeram di Sungai Citatih mulai dari Jeram Warok, Jeram Naga, Jeram Gigi, Jeram Patah, dan Jeram Penyesalan.

Jeram yang ada di Sungai Citatih ini memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, mulai dari tingkat dua hingga lima. Sedangkan jarak tempuhnya terdiri dari empat jenis. Untuk yang 4 km diperuntukan untuk keluarga beserta anak kecil, dengan waktu tempuhnya sekitar satu jam. Ada juga jarak 9 km untuk para pemula, selama dua jam. Sementara jeram sepanjang 12 km khusus untuk yang sudah berpengalaman, dengan waktu tempuh selama tiga jam. Nah, yang terakhir, berjarak 22 km yang waktu tempuhnya mencapai lima jam.

Baca Juga : Kampoeng Tempo Doeloe 2018

Bagikan :

Film Wonderful Riau Island Raih Penghargaan Internasional

Film Wonderfull Riau Island Raih Penghargaan Internasional

Bangga, Satu kata yang pas untuk sebuah penghargaan. ya, Film Indonesia yang berlatar belakang keindahaan pulau Riau berhasil menyabet penghargaan Internasional.

Video berdurasi 5 menit ini menyabet Honorary Award pada The XIV International Tourism Film Festival di Bulgaria, 19-21 April 2018.

Selengkapnya

Bagikan :

Lebih Dari Raja Ampat! Teluk Triton Surga yang Jatuh di Kaimana

Lebih Dari Raja Ampat! Teluk Triton Surga yang Jatuh di Kaimana

Bicara pesona keindahan alam Papua tidak akan ada habisnya, Raja Ampat adalah salah satu destinasi favorit wisata andalan Indonesia yang terletak di Kepulauan Raja Ampat untuk mendatangkan turis wisata manca negara.

Guys…! bosan gak sih jika bicara destinasi wisata papua hanya Raja Ampat dan lagi-lagi Raja Ampat. yah, walaupun kita tidak pernah kesana tapi setidaknya pengetahuan kita jangan hanya tahu Raja ampat saja.

Kamu sudah tahu belom teluk Triton? Nah jika belom tahu yuk intip ulasnnya yang sudah dikemas redaksi finrollnews dari berbagai bloger Traveler!

Teluk Triton, terletak di Kabupaten Kaimana, Papua Barat Indonesia adalah sebuah teluk yang dikenal dengan keindahan bawah air. Menurut beberapa wisatawan yang sudah pergi kesana, Teluk Tirton dikenal sebagai surga bawah laut dan warisan budaya.

Teluk Tirton juga memiliki pulau-pulau kecil, batu karang, air yang jernih dan pemandangan pantai bawah laut yang indah. Bisa dibilang teluk ini sangat tersembunyi pokoknya letaknya dekat kampung lobo jika kamu bingung bisa ko searc di google hehe.
Lebih Dari Raja Ampat! Teluk Triton Serpihan Surga yang Jatuh di Kaimana

Kini surga yang tersembunyi ini mulai dikenal oleh para ahli biologi laut, para penyelam, dan mereka yang suka datang dan menikmati saat-saat matahari terbenam, dengan pemandangan langit yang spekatakuler.

Mereka menjuluki lokasi ini sebagai “ The Fish Empire,” selain julukan “Kota Senja”, ada juga yang menyebutnya” The Lost Paradise” Para ahli-ahli itu telah berhasil mengidentifikasi 937 jenis ikan laut dan beberapa di antaranya adalah spesies baru yang hanya bisa ditemukan di Kaimana.

Mereka juga telah menemukan 492 jenis terumbu karang yang berbeda dan 16 di antaranya adalah jenis baru yang tidak ditemukan ditempat lain di dunia dan semuanya dalam kondisi sehat, mereka juga menemukan 27 Jenis udang lobster, dan 16 jenis penyu hijau.

Teluk Triton ini memang masih belum populer dikalangan pencinta fotografi, atau orang-orang suka perpetualang dibanding lokasi-lokasi wisata pantai dan bawah laut lainnya di Indonesia tetapi sudah cukup banyak wisatawan yang datang berkunjung ke sini, baik wisatawan asing maupun domestik.

Keindahan karang lunak adalah salah satu daya tarik alam bawah laut di Teluk Triton. Disini anda akan dengan mudah menemukan Hiu Paus mencari makan serta Lukisan Kuno dari era Pra-sejarah disisi gunung yang melukiskan gambar telapak tangan dan hewan.

Lebih Dari Raja Ampat! Teluk Triton Serpihan Surga yang Jatuh di Kaimana
Ketika anda sudah mulai memasuki teluk triton anda akan merasakan sensasi berbeda seperti memasuki gerbang dunia fantasy, ini seperti cerita dongeng.

Membuat anda tidak dapat mengeksperikan kegirangan itu, dan ketika speedboat dalam keadaan laju menghampiri bibir pantai, anda mungkin ingin melompat sekuat-kuatnya, terhempas keluar dari dek speedboat, dan berenang, menyelam hingga ke dasar laut.

Pada Lukisan Dinding dari berbagai corak masih belum bisa diartikan secara pasti, Terpajang bagaikan galleri alam disepanjang 1 Km di dinding tebing karang Kampung Maimai Kaimana, Papua Barat. Torehan lukisan merah menyala, tergurat jelas menandai jejak keberadaan suatu peradaban.
Lebih Dari Raja Ampat! Teluk Triton Serpihan Surga yang Jatuh di Kaimana

Lukisan dinding purba, begitu masyarakat setempat memanggilnya, terletak di tebing karang yang sulit terjangkau, tepatnya berada diketinggian 10 meter diatas permukaan laut. Memberi informasi pada usianya yang sangat panjang.

Bisa saja, ketika peradaban ini ada, dan mulai menorehkan catatan kehidupan, struktur permukaan bumi tidak seperti yang terlihat hari ini. Tebing karang yang menjadi gallerinya, terangkat naik keatas, sehingga posisi lukisan ini jauh dari permukaan air. Sehingga untuk menikmatinya, harus puas hanya dari speedboat saja.

Di Teluk Triton, gugusan pulau karst (karang) pendek terlihat berbaris ke belakang dan berjejer menyamping. Speedboat bisa meliuk-liuk melewatinya di atas ketenangan air berwarna tosca jernih. Minusnya, di sini belum ditemukan bukit yang bisa dibuka akses jalan setapak mendaki ke puncak pulau karang. Jika ada, maka berfoto dengan pemandangan gugusan karang terkenal ala Wayag Raja Ampat, bisa dilakukan di Triton Kaimana.

Bagikan :

Wisata Halal di Kawasan Danau Toba Akan Dikembangkan

Badan Pelaksana Otorita Danau Toba terus mengoordinasikan proses pelaksanaan wisata halal di kawasan Danau Toba, Provinsi Sumatra Utara. Usai menyambut wisatawan yang tiba di Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Kamis (19/4), Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo mengatakan, Wisata Halal di Kawasan Danau Toba Akan Dikembangkan

Apalagi mayoritas wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Danau Toba berasal dari Malaysia yang mayoritas beragama Islam. “Sekitar 50 persen wisatawan mancanegara di danau Toba itu berasal dari Malaysia,” katanya.

Selengkapnya

Bagikan :